Tuesday 22 March 2016

MEKANISME ALAM (SUNNATULLAH)

Mekanisme alam atau sunnatullah adalah suatu ketentuan yang telah ditetapkan Allah demi keteraturan, keserasian, dan keharmonian alam jagat raya ini serta kesejahteraan manusia yang hidup di dunia ini. Atau dengan kata lain, sunnatullah dapat diertikan sebagai hukum-hukum Allah yang berlaku di alam raya ini atau biasa disebut sebagai hukum alam. Hukum-hukum Allah diantaranya ada hukum yang berkaitan dengan alam raya dan ada pula hukum yang berkaitan dengan manusia. Kalau hukum Allah yang berlaku bagi manusia dalam kehidupan bermasyarakat, disebut sunnatullah, kalau hukum yang berlaku antara manusia dengan alam disebut dengan takdir.

Ada tiga sifat utama sunnatullah yang diterangkan dalam Al Qur’an, yaitu
1.Exact (pasti) dalam surat Al Furqan : 2, At Tholaq : 3,
2.Immutable, dalam surat Al Israa : 77, Al An’am : 115,
3.Objective, dalam surat Al Anbiya : 105.
Segala sesuatu yang ada di alam semesta ini adalah ciptaan Allah, maka segala sesuatu yang ada di alam ini Allah yang mengatur semuanya dan Allah juga yang berkehendak untuk menetapkan semua yang ada di alam semesta ini. Sunnah/ketetapan Allah antara lain sebagai berikut :
a.    Selalu ada dua kondisi saling ekstrim (surga-neraka, baik-buruk, benar-salah)
b.   Segala sesuatu diciptakan saling berpasangan, saling cocok atupun saling bertolakan
c.    Selalu terjadi pergantian dan perubahan dari suatu kondisi yang saling berbeda
d.   Perubahan, penciptaan, maupun penghancuran selalu melewati suatu proses
e.    Alam diciptakan dengan keteraturan
f.     Alam diciptakan dalam keadaan seimbang
g.   Alam diciptakan terus berkembang
h.   Setiap terjadi kerosakan di alam manusia, Allah mengutus seseorang untuk memberi peringatan atau memperbaiki kerosakan tersebut.
Pada akhirnya , Allah menciptakan alam semesta beserta isinya dilengkapi dengan hukum-hukum (sunnatullah). Dan jika hukum-hukum tersebut dilanggar, maka alam akan hancur. Itulah hakikat sunnatullah yang telah ditentukan oleh zat Yang Maha Tinggi sebagai Sang Pencipta, Pengatur dan tempat kembali seluruh alam.

No comments:

Post a Comment